Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengirim Doa Kepada Orang Yang Sudah Meninggal

 

Cara Mengirim Doa Kepada Orang Yang Sudah Meninggal

Cara Mengirim Doa Kepada Orang Yang Sudah Meninggal

Pak ustad saya ingin tanya, bagaimanakah cara doakan orang yang telah wafat, karena sejauh ini saya doakan ayah dan saudara-saudara saya yang wafat triknya sama dan bacaanya sama, yakni"qhususon illa ruqqi bapak…..(nama orang yang wafat) lalu alfatihah dan itu saya ulangi sampai 3x untuk seseorang.

Dan saya ingin bertanya bagaimanakah cara kita untuk memperoleh jodoh, karena saya telah berusia 28 th dan belum memperoleh jodoh, apa yang perlu saya kerjakan minta diberi doa yang dapat dekatkan jodoh kita.

Wassalamualaikum wr. wb.


Assalamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Mungkin yang anda tujuan dengan lafadz ‘qhususon illa ruqqi‘ ialah ‘khushushan ilaa ruuhi'. Lafad itu memiliki makna: terutamanya ke ruh sang fulan.


Lafadz ini sebenarnya bukan lafadz doa, tapi niat untuk mengirim pahala bacaan Al-Quran atau zikir-zikir yang dibaca atau amal sedekah yang sudah dikeluarkan.


Saat seorang membaca Al-Quran, ia punya niat supaya pahala bacaan itu dilimpahkan ke ruh beberapa orang yang telah wafat, banyaknya sudah pasti banyak, bahkan bisa saja untuk semua golongan muslimin. Karena itu dalam lafadz itu selanjutnya diutamakan kembali dengan kalimat: terutamanya kepara ruh sang anu dan sang anu.


Jika bacaan Al-Quran itu datangkan pahala, semua ulama setuju mengiyakannya. Bahkan juga setiap satu huruf Al-Quran itu akan dibalas dengan 10 kebijakan.


Permasalahannya saat ini, benar ada sedikit ketidaksamaan penglihatan di kelompok beberapa ulama mengenai hukum mengirim pahala bacaan Al-Quran ke orang yang telah wafat. Apa dapat pahala bacaan itu selanjutnya ditransfer ke orang yang telah wafat.


Sebetulnya, selainnya kelompok Asy-syafi'iyah, biasanya beberapa ulama benarkan jika bacaan ayat Al-Quran dapat dikirim ke orang yang telah wafat. Yang sepakat dengan ini bahkan juga termasukSyaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah


Cara Mengirim Doa Kepada Orang Yang Sudah Meninggal


Lafadz Doa untuk Orang Yang Telah Wafat

Ada beberapa lafadzdoa yang dapat dibacakan, salah satunya lafadz yang kerap kita baca untuk shalat mayat.


اللهم اغفرله وارحمه وعافه واعف عنه وأكرم نُزُله. ووسع مُدخله. واغسله بالماء والثلج والبرد ، ونقه من الخطايا كما ينقى الثوب الأبيض من الدنس ، وأبدله داراً خيراً من داره ، وأهلاً خيراً من أهله وزوجاً خيراً من زوجه وأدخله الجنة وأعذه من عذاب القبر ومن عذاب النار

Ya Allah, ampunilah ia, sayangilah ia, maafkanlah ia, muliakanlah tempatnya, luaskanlah tempat masuknya, mandikanlah ia sama air, salju dan embun. Sucikanlah ia dari semua kekeliruan seperti baju disucikan dari najis. Menggantikan buatnya rumah yang lebih bagus dari tempat tinggalnya, menggantikan buatnya keluarga yang lebih bagus dari keluarganya, menggantikan buatnya isteri (pasangan) yang lebih bagus dari pasangannya. Masukanlah ke surga dan lindungilah ia dari hukuman pendam dan hukuman neraka.


Doa ini ialah doa yang keshahihannya sudah disetujui oleh beberapa ulama sedunia, tanpa khilaf sedikit juga. Karena itu baca doa ini saat anda ingin doakan keluarga atau siapa yang ingin anda doakan.


Wallahu a'lam bishshawab, wassalamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Cara Mengirim Doa Kepada Orang Yang Sudah Meninggal



Posting Komentar untuk "Cara Mengirim Doa Kepada Orang Yang Sudah Meninggal"