Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ego Sumber Segala Dosa

Ego Sumber Segala Dosa


Kita sudah tahu bahwa ego itu juga ada yang baik pada dasarnya kita pasti punya ego punya juga potensi positif, tapi kalau enggak kita kalau enggak hati-hati ego ini juga punya potensi negatif gitu.


Faalhamaha fujuraha Wa taqwaha, Allah itu mengilhamkan kepada jiwa kita jalan fujur jalan kefasihkan dan Jalan ketakwaan. Makanya kata Allah sungguh beruntung bagi siapa-siapa yang terus berusaha menyucikan jiwanya dan rugi bagi siapa siapa yang mengotorinya. 


Maka, ada tiga setidaknya ego yang bisa jadi sumber keburukan. Ini kata Rasulullah Dalam sebuah hadis. Dan ternyata 3 ego ini menjadi sumber segala dosa, Rasul memerintahkan kita untuk berhati-hati terhadap 3 ego ini.

Ego Sumber Segala Dosa

Apa itu Pertama kesombongan yang Kedua tamak yang Ketiga iri hati. 


Mengapa sombong ini menjadi sumber dosa segala dosa. 

Bahkan kata rasul dalam sebuah hadis karena sombong inilah yang membuat iblis akhirnya enggan bersujud kepada Nabi Adam alaihissalam


Ana khoiruminhu dia merasa lebih baik padahal ibadahnya begitu lama, mungkin kita nggak bisa menyanyi badan iblis tapi itu semua jadi nggak ada artinya karena ketika semua amal yang dilakukan membuat dia merasa lebih baik dari yang lain. Jadi nggak ada nilainya di sisi Allah 

Ego Sumber Segala Dosa

Yang kedua tamak 

Tamak ini juga bisa menjadi sumber dosa. Kenapa karena dengan tamak inilah akhirnya Nabi Adam alaihissalam memakan buah yang dilarang. kita harus hati-hati juga, pada dasarnya sifat manusia itu nggak pernah puas.


Kata Rasulullah anak Adam itu memang kalau dikasih satu Lembah emas dia pasti kepengen 2 lembah yang lain dan tidak akan pernah merasa Cukup Sampai Nanti tanah kubur yang masuk ke dalam mulutnya, maka sadari betul sifat dasar ini. 


Yang ke tiga sumber ego ini yang bisa jadi sumber dosa itu iri hati. Kedua anak Adam Qabil dan Habil itu saling membunuh karena dorongan iri hati.

Bagaimana kita bisa menata hati kita agar apa ya ikut berbahagia dengan nikmat orang lain, ikut bersyukur dengan nikmat orang lain, ikut apa seneng Kalau nggak orang lain maju, 

Bukan sebaliknya, bukan gelisah ketika orang lain bahagia dapat nikmat penerus perlu kita latih ini mah. 

Ego Sumber Segala Dosa

Minimal kita sadari dulu bahwa inilah 3 ego yang bisa jadi sumber keburukan sombong tamak iri hati maka upaya kita adalah Bagaimana melepas Belenggu dari tiga sumber dosa ini











Posting Komentar untuk "Ego Sumber Segala Dosa"